Cara agar produk lebih laku


Saya adalah tipe orang yang akan melihat kemasan dulu sebelum membeli sesuatu, kecuali untuk barang-barang yang memang sudah langganan saya beli, tapi ketika saya menemukan produk baru yang menarik mata saya, saya akan meluangkan waktu lebih untuk mengamati baik dari kemasan maupun kegunaan dari barang tersebut (terlebih jika kemasannya lucu), ya kemasan yang menarik itu menjadi daya jual juga selain manfaat dari produk yang dijual.
Tapi saya yakin saya dan anda bukan sekali atau dua kali pernah tertipu oleh kemasan yang menarik tadi, misalnya pada produk makanan,  dari packaging yang dibentuk sesempurna mungkin membuat kita tergiur untuk membelinya tapi setelah dicoba...rasanya biasa aja tuh, :p biasanya ini terjadi saat saya mencari produk teh atau kopi baru, pada akhirnya kembali ke produk yang sering dibeli.


Business is all about the customer: what the customer wants and what they get. Generally, every customer wants a product or service that solves their problem, worth their money, and is delivered with amazing customer service.  
Fabrizio Moreira 





Jadi bagaimana agar produk kita bisa lebih laku ? Saya pikir mendesain ulang produk bisa menjadi pilhan, Saya merasakan sendiri sebagai anak generasi '90an 😎😆 bagaimana jajanan atau makanan jaman dulu sekarang bisa naik level ke jajanan zaman now. Keripik singkong, kerupuk, kue basah, jajanan pasar , dll. 


Mensiasati pasar yang terus berubah dengan merubah kemasan atau kerennya disebut REBRANDING bisa jadi solusi bagi anda yang memiliki produk yang kurang begitu dilirik pembeli, entah karena kualitas atupun kemasannya,ini penting, layaknya orang, produk juga harus introspeksi diri, move on dan make over.




Langkah-langkah mendesain ulang produk 
  • Desain Baru. Anda bisa menggunakan jasa ahli desain untuk mendesain ulang kemasan produk, jangan jatuh 2 kali ditempat sama, gunakan rekomendasi di internet ataupun teman. Ide ada untuk siapa aja, sekalipun low budget. Siapkan dana khusus untuk membuat desain.
  • Inovatif, masukkan inovasi kedalam produk,pikirkan apa yang tidak terpikir oleh orang lain, hal yang cenderung terlewat oleh orang biasa, contohnya ide seblak instant, seperti mie cup yang tinggal seduh,masukin bumbu, jadi. Atau brownies instan yang bisa dimasak tanpa oven, brownies cookies,keripik tahu, dll.
  • Koreksi kualitas, kemasan baru, inovasi baru, kualitas juga harus lebih baik, jangan karena budget habis untuk promosi, maka kualitas produk terabaikan. Tapi jangan salah juga, banyak sekali produk jadul diluaran sana yang kemasannya tidak diperbarui tapi dengan kualitas yang tidak pernah menurun. JIka sudah begini, rebranding cuma jadi opsi no.2  jika anda sudah punya pelanggan tetap.contohnya, produk teh lokal yang rasanya masih sama dari dulu, kemasannya sederhana,cuma mengandalkan plastik yang disablon, atau kertas tapi rasa dari teh nya tidak berubah.
  • Ubah Target Konsumen. Jika dulu produk anda cuma jadi konsumsi orang dewasa, maka kenapa tidak membuat produk sejenis tapi untuk konsumen yang lebih muda, begitu pula sebaliknya. Misalnya cookies, yang tadinya cuma buat anak muda atau anak kecil sekarang bisa beragam bentuk,rasa dan konsumen yang berbeda, misalnya ada cookies vegetarian, cookies rendah lemak, cookies herbal, cookies rasa daging pun ada.

Cash flow is a problem for a small and developing company, and the lack of it is the reason why many small businesses fail. Ensure that you have enough money in your bank account to make you able to carry out daily basic needs for your business. 
 Fabrizio Moreira

Perlu RE-BRANDING atau tidak ada, pasar punya cara eliminasi produk sendiri, Jika merasa produk anda tidak mencapai target penjualan maksimal mungkin saja ada faktor lain, selain masalah 'image' produk. Tidak banyak produk baru ataupun perusahaan baru yang mampu survive, saya merasakan sendiri kerasnya membangun usaha dengan ide original tapi tidak laku-laku 😁😂😂 Pada akhirnya ngikutin pasar juga. Anggap saja yang saya tulis merupakan hasil instrospeksi saya sebagai konsumen yang merambah jd produsen .
Terima kasih sudah mampir ke blog saya, jika anda tertarik untuk bekerja sama dengan saya, saya akan senang sekali untuk membantu rebranding produk-produk anda.


Business is all about the customer: what the customer wants and what they get. Generally, every customer wants a product or service that solves their problem, worth their money, and is delivered with amazing customer service. Fabrizio Moreira
Read more at: https://www.brainyquote.com/topics/product

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Setting dan Sablon di Bandung - HDFX Art and design

Sample cosmetic packaging

REVIEW FAIR & LOVELY 2IN1 POWDER CREAM - ASRIL