Belajar desain grafis untuk pemula PART 1

Saat bicara tentang teknologi saya akan bingung harus mulai dari mana, nyari bahan blog yang everlasting tentang teknologi dan aplikasi adalah hal yang gampang-gampang susah. Gampang karena menemukan "teknologi' semudah kita memegang smartphone, semudah itu... susah, karena setiap hari akan ada teknologi baru yang mucul yang bisa saja menggantikan teknologi yang sedang kita gunakan saat ini. Jadi mana yang akan "awet" dan tidak membosankan untuk dibaca sampai beberapa tahun kemudian ?

Ada banyak cabang dari desain garfis tapi saya akan bicara  soal desain grafis khusus setting untuk sablon, setting dan desain untuk industri pakaian.. ini pekerjaan saya selama hampir 3 tahun lebih (tahun 2018), setting untuk sablon sudah jadi makanan saya sehari-hari, jadi kalau ada yang butuh tukang setting atau desain yang berpengalaman.. hubungi saya :p.
 Terus terang ini bisa dibilang pekerjaan impian, karena bisa duduk berjam-jam depan monitor buat menggambar, bisa kerja sambil ngemil/ngopi, bebas buka internet buat nyari bahan, bisa ngatur kerjaan, dsb..dsb..dan ujung-ujungnya dapat penghasilan. 
Pekerjaan seperti ini tidak bisa dianggap sepele, seberapa besar yang kita dapat tergantung seberapa besar usaha kita tentunya. Tapi untuk menempuh gelar master setting yang diakui, jelas butuh waktu, lama? tidak juga kalau niat. Saya 2 minggu belajar dasar-dasar setting, dari mulai trace/ jiplak gambar sampai pecah warna pakai photoshop. dan itu dari NOL, sama sekali tidak bisa menggambar pakai corelDRAW, megang mouse juga masih kaku.
Nah jika anda pemula yang BARU tertarik dengan dunia setting/ grafis  dan ingin bisa ( biasanya orang seperti ini karena faktor lingkungan :D ) , sering gaul sama tukang sablon,misalnya) dan nyari cara cepat untuk bisa setting, ya sudah saya akan bagi-bagi tips dan pengalaman yang pernah saya alami. tapi untuk awal-awal saya share tentang alat-alatnya dulu.


 

Well, ini adalah senjata utama tukang setting, Ga punya laptop atau PC trus mau gimana bisa bebas belajarnya ? Jarang ada warnet yang memiliki software desain.

Ini spesifikasi standar pc/laptop yang saya saranin buat kalian yang mau langsung melangkah 2 langkah dalam urusan "peralatan"



  • OS/ Sistem Operasi minimal : Windows 7, in 32-bit or 64-bit (standar, lebih bagus lebih baik )
  • Processor: Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 or AMD Athlon 64 (atau spek yang lebih tinggi, tapi mulai aja dari yang lebih 'ringan' mau intel atau AMD akan sedikit ada perbedaan, jadi pilih dari awal mau yang intel atau AMD)
  • RAM: 2 GB RAM (atau kapasitas yang lebih besar lebih disaranin,saya pakai RAM 8 giga, trust me ngaruh banget )
  • Hardisk kosong : 1 GB hard disk space (atau kapasitas yang lebih besar)
  • Resolusi Layar/ Monitor: 1280 x 720 screen resolution at 100% (96 dpi)
  • Microsoft Internet Explorer 11 or higher
  • Microsoft .Net Framework 4.6 yang terinstall di PC/Laptop
  • Sebenarnya mouse sama keyboard juga ngaruh sh, untuk bekerja dengan 2 alat ini dalam jangka waktu lama, akan terasa bedanya antara peralatan yang pasaran dengan "yang ada harganya", makanya untuk game kan ada juga PC GAMING, untuk desain grafis juga ada, tapi harganya lumayan, saya saranin buat bikin perbandingan ke toko elektronik, pilih di harga menengah, artinya bukan tipe barang murah yang gampang rusak, amannya pilih dengan merek yang udah dikenal aja,harganya pasti sesuai kualitasnya :) 
Untuk spek pc/laptop ga bakalan abis saya bahas jadi saya cukupin segitu untuk mempersingkat, namanya juga awal kan. Intinya pakai yang memadai, tapi tidak harus selalu mahal. 

 

WAJIB, mau beli langsung versi aslinya atau versi trialnya, atau yaa minta ke temen, pokonya punya. Saya ga saranin download yang ada di internet, meningan buka web resminya aja buat nyari infonya



                                            https://www.coreldraw.com



https://www.photoshop.com/

Saya ga nyertain corel x6 karena belum pernah nyoba, kalau photoshop dari CS3, CS5, CS6. Kalau ada yang nanya apa saya pakai adobe illustrator ? jawabannya TIDAK, saya merasa cukup dengan corel yang serba bisa. Cukup pelajari 2 software ini maka udah bisa setting buat sablon. Microsoft Word dan  Microsoft Excel juga minimalnya harus tahu, karena akan ada aja orang yang belum tahu soal corelDRAW/ Photoshop, biasanya masih ada aja yang ngasih filenya format ini, jadi harus tahu juga.


 


Bukan supporter orang tapi alat pendukung seperti :
Flashdisk = nyimpen data.  Penting biar ga terlalu banyak nyimpen file di komputer, lagian portable bisa dibawa kemana-mana.
Kabel data = Buat mindahin data dari hp/hardisk external . Optional kalau kalian bisa transfer file langsung ke pc, bisa lewat email ataupun punya bluetooth
 Jaringan internet = Mau modem,atau hp yang bisa jadi modem intinya internet termasuk penting, kalian bisa nyari bahan, transfer file, download tutorial, download vector, nyari gambar. dll.
 Lebih jauhnya punya scanner, drawing tablet, printer , dll. Mana yang bisa kebeli dulu, ga perlu maksain juga yang penting niat dan minat dulu yang maksimal sekalipun budget minimal. karena dari alat yang sederhana ini kita bisa bikin penghasilan yang tak terbatas, tergantung usaha dan kerja keras juga.

Nah buat PART 1  cukupin dulu deh, kedepannya akan saya bahas lebih dalam tentang tutorial atau tips atau apapun soal desain grafis. Mudah-mudahan membantu kalian menambah informasi tentang desain grafis.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Setting dan Sablon di Bandung - HDFX Art and design

Sample cosmetic packaging

REVIEW FAIR & LOVELY 2IN1 POWDER CREAM - ASRIL